
Contoh soal kelas 10 uts nihongo semester 1
>
Menguasai Nihongo: Latihan Soal UTS Semester 1
Memasuki dunia bahasa Jepang, atau Nihongo, di jenjang SMA kelas 10 merupakan sebuah petualangan yang menarik sekaligus menantang. Semester pertama biasanya menjadi fondasi penting dalam membangun pemahaman dasar, mulai dari hiragana, katakana, kosakata sehari-hari, hingga tata bahasa yang paling fundamental. Untuk membantu para siswa mempersiapkan diri menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS), artikel ini akan menyajikan contoh soal yang mencakup berbagai aspek pembelajaran Nihongo di semester 1, lengkap dengan penjelasan dan tips. Dengan pemahaman yang baik terhadap tipe-tipe soal yang mungkin muncul, siswa dapat belajar lebih terarah dan efektif.
Struktur Pembelajaran Nihongo Kelas 10 Semester 1
Sebelum masuk ke contoh soal, penting untuk memahami cakupan materi yang umumnya diajarkan di semester 1 kelas 10. Materi-materi ini biasanya berpusat pada:
Soal 2: Ubahlah tulisan Romaji berikut menjadi Hiragana!
a. ASOBO
b. TABEMASU
c. SENPAI
Pembahasan & Jawaban:
Ini adalah kebalikan dari soal sebelumnya. Anda perlu mengingat karakter Hiragana yang sesuai dengan bunyi Romaji.
a. ASOBO
- A = あ
- SO = そ
- BO = ぼ
- Jawaban: あそぼ
b. TABEMASU
- TA = た
- BE = べ
- MA = ま
- SU = す
- Jawaban: たべます
c. SENPAI
- SE = せ
- N = ん (ini adalah karakter nasal yang perlu diingat)
- PA = ぱ
- I = い
- Jawaban: せんぱい
Soal 3: Ubahlah tulisan Katakana berikut menjadi Romaji!
a. コーヒー
b. アメリカ
c. テレビ
Pembahasan & Jawaban:
Katakana umumnya digunakan untuk kata serapan dari bahasa asing, nama asing, atau penekanan.
a. コーヒー
- コ (ko)
- ー (menandakan vokal sebelumnya dibaca panjang, jadi ‘o’)
- ヒ (hi)
- ー (menandakan vokal sebelumnya dibaca panjang, jadi ‘i’)
- Jawaban: Kōhii (atau Coffee)
b. アメリカ
- ア (a)
- メ (me)
- リ (ri)
- カ (ka)
- Jawaban: Amerika
c. テレビ
- テ (te)
- レ (re)
- ビ (bi)
- Jawaban: Terebi (atau TV)
>
Bagian 2: Kosakata (Goi)
Bagian ini menguji pemahaman siswa terhadap makna kata-kata yang telah dipelajari.
Soal 4: Pilihlah jawaban yang paling tepat!
a. "Sore wa ___ desu." (Gambar menunjukkan sebuah buku)
i. hon
ii. pen
iii. isu
iv. kami
b. Saya adalah seorang guru. Dalam bahasa Jepang adalah:
i. Watashi wa sensei desu.
ii. Anata wa gakusei desu.
iii. Kare wa isha desu.
iv. Kanojo wa kaishain desu.
c. Angka 30 dalam bahasa Jepang adalah:
i. sanjuu
ii. san
iii. juusan
iv. sanju
Pembahasan & Jawaban:
a. Dalam bahasa Jepang, ‘buku’ adalah ‘hon’ (本).
- Jawaban: i. hon
b. Frasa "Saya adalah seorang guru" diterjemahkan menjadi "Watashi wa sensei desu."
- i. Watashi wa sensei desu. (Saya adalah guru.) – Tepat
- ii. Anata wa gakusei desu. (Kamu adalah siswa.)
- iii. Kare wa isha desu. (Dia laki-laki adalah dokter.)
- iv. Kanojo wa kaishain desu. (Dia perempuan adalah karyawan.)
- Jawaban: i. Watashi wa sensei desu.
c. Angka 30 dalam bahasa Jepang adalah ‘sanjuu’ (三十).
- i. sanjuu (30) – Tepat
- ii. san (3)
- iii. juusan (13)
- iv. sanju (ini tidak umum, biasanya sanjuu)
- Jawaban: i. sanjuu
Soal 5: Pasangkan kata dalam bahasa Jepang dengan artinya!
| Bahasa Jepang | Arti |
|---|---|
| 1. neko | a. kopi |
| 2. pan | b. kucing |
| 3. ringo | c. apel |
| 4. kohii | d. roti |
Pembahasan & Jawaban:
Ini menguji pengenalan kosakata.
-
neko (猫) berarti kucing.
-
pan (パン) berarti roti (sering ditulis dalam Katakana karena merupakan kata serapan).
-
ringo (りんご) berarti apel.
-
kohii (コーヒー) berarti kopi.
-
Jawaban:
- 1 – b
- 2 – d
- 3 – c
- 4 – a
>
Bagian 3: Tata Bahasa (Bunpou)
Bagian ini menguji pemahaman siswa terhadap struktur kalimat dan penggunaan partikel.
Soal 6: Isilah titik-titik dengan partikel yang tepat (wa, ga, o, ni, de, to, mo, no)!
a. わたし __ gakusei desu.
b. wa nihongo o benkyou shimasu.
c. Kyoukai __ ikimasu.
d. Toshokan hon o yomimasu.
e. Sakana tabemasu.
Pembahasan & Jawaban:
Pemilihan partikel sangat krusial dalam bahasa Jepang.
a. wa digunakan untuk memperkenalkan topik kalimat. "Watashi wa gakusei desu" (Saya adalah siswa).
- Jawaban: wa
b. Anata (kamu) adalah subjek kalimat ini. Partikel wa paling tepat untuk menandai subjek.
- Jawaban: wa
c. ni atau e digunakan untuk menunjukkan arah tujuan. ni lebih umum digunakan untuk tempat. "Kyoukai ni ikimasu" (Saya pergi ke gereja).
- Jawaban: ni
d. de digunakan untuk menunjukkan tempat dilakukannya suatu aktivitas. Di perpustakaan, aktivitasnya adalah membaca buku. "Toshokan de hon o yomimasu" (Saya membaca buku di perpustakaan).
- Jawaban: de
e. o digunakan untuk menandai objek dari kata kerja transitif. Dalam hal ini, objek dari kata kerja "tabemasu" (makan) adalah "sakana" (ikan). "Sakana o tabemasu" (Saya makan ikan).
- Jawaban: o
Soal 7: Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar!
a. Tanaka-san / to / watashi / issho ni
b. Kyou / asa / gohan / tabemasu / watashi
Pembahasan & Jawaban:
Membuat kalimat yang runtut dan logis.
a. Kata-kata yang ada: Tanaka-san, to, watashi, issho ni.
- "Watashi to Tanaka-san" (Saya dan Tuan Tanaka)
- "issho ni" (bersama-sama)
- Jika ada kata kerja, biasanya "issho ni" diletakkan sebelum kata kerja.
- Contoh kalimat yang mungkin: Watashi to Tanaka-san wa issho ni gakou e ikimasu. (Saya dan Tuan Tanaka pergi ke sekolah bersama-sama). Namun, jika hanya kata-kata ini, bisa jadi struktur dasar: Watashi to Tanaka-san wa issho ni. (Saya dan Tuan Tanaka bersama-sama). Jika diasumsikan ada kata kerja, kita bisa membuat kalimat yang paling masuk akal.
- Jawaban yang paling mungkin jika ada kata kerja: Watashi to Tanaka-san wa issho ni __ desu. (Saya dan Tuan Tanaka bersama-sama.) Atau jika ada konteks lain, bisa dibentuk menjadi lebih kompleks. Namun, untuk latihan dasar, kita bisa fokus pada penggabungan subjek dan keterangan.
b. Kata-kata yang ada: Kyou, asa, gohan, tabemasu, watashi.
- Subjek: Watashi (saya)
- Keterangan waktu: Kyou (hari ini), asa (pagi)
- Objek: gohan (nasi/makan)
- Kata kerja: tabemasu (makan)
- Urutan yang logis: Subjek + Keterangan Waktu + Objek + Kata Kerja.
- Jawaban: Watashi wa kyou asa gohan o tabemasu. (Saya hari ini makan nasi di pagi hari.)
Soal 8: Ubahlah kalimat berikut menjadi bentuk sopan (Masu-kei) jika belum!
a. Taberu
b. Nomu
c. Miru
Pembahasan & Jawaban:
Meskipun soal ini bisa jadi untuk semester 2, namun pengenalan awal bentuk sopan seringkali sudah dimulai di semester 1.
a. Taberu (makan) adalah bentuk kamus (bentuk dasar). Bentuk sopannya adalah tabemasu.
- Jawaban: tabemasu
b. Nomu (minum) adalah bentuk kamus. Bentuk sopannya adalah nomimasu.
- Jawaban: nomimasu
c. Miru (melihat) adalah bentuk kamus. Bentuk sopannya adalah mimasu.
- Jawaban: mimasu
>
Bagian 4: Membaca Teks Pendek
Bagian ini menguji kemampuan pemahaman bacaan siswa.
Soal 9: Bacalah teks pendek berikut, lalu jawab pertanyaan di bawahnya!
こんにちは。わたしの なまえは サトウです。
わたしは にほんじんです。
きょうは げつようびです。
わたしは きょう、がっこうで にほんごを べんきょうします。
せんせいは やさしいです。
Pertanyaan:
a. この ひとの なまえは なんですか。
b. この ひとは どこから きましたか。
c. きょうは なんようびですか。
d. きょう、がっこうで なにを べんきょうしますか。
Pembahasan & Jawaban:
Teks ini memperkenalkan diri dan kegiatan sehari-hari.
a. "わたしの なまえは サトウです。" (Nama saya Sato.)
- Jawaban: サトウです (Sato desu).
b. "わたしは にほんじんです。" (Saya orang Jepang.)
- Jawaban: にほんです (Nihon jin desu – adalah orang Jepang).
c. "きょうは げつようびです。" (Hari ini adalah hari Senin.)
- Jawaban: げつようびです (Getsuyoubi desu).
d. "わたしは きょう、がっこうで にほんごを べんきょうします。" (Saya hari ini belajar bahasa Jepang di sekolah.)
- Jawaban: にほんごを べんきょうします (Nihongo o benkyou shimasu).
>
Tips Menghadapi UTS Nihongo
- Kuasai Hiragana dan Katakana: Ini adalah fondasi utama. Latihan menulis dan membaca setiap hari. Gunakan aplikasi atau kartu flash jika perlu.
- Perbanyak Kosakata: Buat daftar kosakata yang sering muncul di buku teks Anda. Pelajari artinya dan coba gunakan dalam kalimat sederhana.
- Pahami Pola Tata Bahasa: Jangan hanya menghafal, tapi pahami fungsi setiap partikel dan bagaimana mereka membentuk kalimat. Coba buat kalimat sendiri menggunakan pola yang sama.
- Latihan Soal Variatif: Kerjakan berbagai jenis soal seperti contoh di atas. Semakin banyak berlatih, semakin terbiasa Anda dengan format soal dan semakin percaya diri saat ujian.
- Manfaatkan Sumber Belajar: Jangan ragu bertanya kepada guru, teman, atau mencari materi tambahan dari buku atau internet.
- Simulasi Ujian: Cobalah mengerjakan contoh soal dalam batas waktu tertentu untuk melatih kecepatan dan ketepatan.
Dengan persiapan yang matang dan strategi belajar yang tepat, Ujian Tengah Semester (UTS) Nihongo kelas 10 semester 1 dapat dihadapi dengan percaya diri. Fokus pada pemahaman dasar akan membuka jalan yang lebih mulus untuk materi-materi selanjutnya dalam mempelajari bahasa Jepang. Selamat belajar dan semoga sukses!